Ad Code

1. Jangan Membenci Ulama yang Sezaman | 2. Jangan Menyalahkan Ajaran Orang Lain | 3. Jangan Memeriksa Murid Orang Lain | 4. Jangan Berubah Sikap Meski Disakiti Orang Lain | HARUS MENYAYANGI ORANG YANG MEMBENCIMU

Ticker

6/recent/ticker-posts

Tabaruk Miftahusshudur 2008

Pada tahun 1994 Pondok Pesantren Suryalaya kedatangan tamu dari medan, beliau bernama Syeikh Abdul Latief, dulunya beliau adalah mengaku syeikh mursyid TQN Medan. Beliau sudah punya banyak murid atau ikhwan sekitar 1000 jammah, beliau mengajarkan dan mengamalkan uquudul jumaan khotaman. Tapi beliau tidak tahu bahwa mursyid TQN adalah Pangersa Abah Anom Ra saat itu, entah bagaimana syeikh abdul latief ini mempunyai banyak jamaah tapi tidak tahu guru mursyidnya. Bukan kebetulan, memang Alloh Swt sudah mengaturnya demikian.

Pada suatu kesempatan dimesjid nurul ulum dalam tabaruk miftahusudur, syeikh abdul latief hadir bersama rombongan dari medan, oleh Pangersa Abah Aos dipersilahkan untuk bercerita tentang dirinya hingga akhirnya diangkat wakil talqin Abah Anom untuk daerah medan.

Syeikh abdul latief berkisah bahwa memang dirinya sudah lama mengamalkan kitab uquudul jumaan khotaman, entah dari mana kitab itu didapat, dan mempunyai banyak murid hingga 1000 jamaah, dia mengira bahwa thoriqoh qodiriyah nasyabandiyah hanya ada di medan saja, dia tidak tahu pengamal TQN ditempat lain, serta beliau mengangkat dirinya sebagai mursyid TQN kala itu, serta mentalqin siapa saja yang mau belajar kepadanya.

Suatu saat ada tamu dari bogor, beliau bernama bapak zaenudin, beliau ikhwan tqnpps, beliau sengaja berkunjung ke majlis tempat syeikh abdul latief berada, dan berbincang, 
Bapak Zaenudin, " Tuan, ini mengamalkan thoriqoh apa ? '.
Syeikh abdul latief, " thoriqoh qodiriyah naqsyabandiyah ".
Bpk Zaenudin, " Lho, saya juga ikhwan TQN ".
Syeikh, " Kapan anda talqin kepada saya, kok mengaku ikhwan tqn ?".
Bpk Zaenudin, " Apakah tuan tidak tahu Thoriqoh Qodiriyah Nasyabandiyah itu guru mursyidnya adalah Abah Anom yang ada di PP.Suryalaya Tasikmalaya Jawa Barat ?".
Syeikh sejenak termenung, dan berkata dalam hati, "  ooh apa iya ada tqn lain ditempat lain dan ada guru mursyidnya juga
Kirain cuma saya saja guru mursyid tqn ".
Terjadi perdebatan yang hangat, tapi akhirnya syeikh abdul latief tidak membantah apa yang diceritakan pak zaenudin. 
Yang tadinya agak ngotot, tapi akhirnya beliau memahaminya.
Akhirnya tiba giliran berpamitan bpk zaenudin untuk pulang lagi ke bogor, dan sebelum pulang, 
Syeikh abdul latief membuat surat yang dia tujukan kepada Abah Anom yang isi suratnya demikian, dia ingin meminta buku - buku amaliyah tqn dari suryalaya. 
Dan dia meminta kepada Abah Anom agar jamaahnya menjadi penerus tqnpps, dan dia tidak lagi memakai gelar syeikh mursyid lagi .

Pulanglah pak zaenudin ke bogor, tak lama seminggu kemudian ada kiriman buku - buku seperti : 

1. tata Cara Inabah
2. Miftahusudur.

Dan ada surat balasan dari Abah Anom yang isinya kurang lebih, " jangan lewat surat saja, harus secara langsung bertemu ". Begitulah akhirnya syeikh abdul latief beserta temannya berkunjung ke PP Suryalaya.

Ketika tiba dimesjid Nurul Asror PP Suryalaya saat itu waktu sholat ashar, begitu selesai sholat ashar syeikh Abdul Latief berpapasan dengan abah Anom, kata beliau, " ehh kapan datang ?".
Ditanya begitu oleh abah anom, syeikh abdul latief jadi gugup dan tersipu malu, padahal dia belum pernah berjumpa dengan abah anom, tapi beliau kok tahu kepada dirinya. Inilah hakikat Bapak Ruhani yang lebih tahu anak - anaknya.

Keesokan harinya saat itu hari jumat, syeikh abdul latief kelihatan tidak membawa kain sarung untuk dipakai sholat jumat, tiba - tiba datang beberapa utusan abah anom memanggil syeikh abdul latief untuk segera menghadap abah anom dimadrosahnya, setelah diruang tamu, abah anom masuk kedalam kamar dan tak berapa lama keluar membawa dua buah kotak, langsung dikasihkan kepada syeikh abdul latief dan temannya, 
Ternyata isi kotak itu adalah kain sarung, disini syeikh abdul latief semakin terpukau dengan karomah abah anom.

Akhirnya singkat cerita syeikh abdul latief diangkat oleh abah anom menjadi wakil talqin untuk daerah medan.

Tabaruk Miftahusudur Mesjid Nurul Ulum IAILM Suryalaya 
Oleh Pangersa Abah Aos Ra Qs
Tahun 2008

#Barokah987
#Juhuda38tasikmalaya
#alawwabiinhikmatulkamiltasikmalaya

Posting Komentar

0 Komentar